Rabu, 19 Oktober 2011

Perilaku Dalam Berorganisasi P5

PERILAKU BERKELOMPOK & KOMUNIKASI

- KELOMPOK?
1. “Kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling bergabung untuk mencapaiggp tujuan tertentu”. Source: Gibson

- TIPE KELOMPOK
1. Kelompok formal
- Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain
a. Kelompok Komando (command group) : Kelompok yang tersusun oleh atasan dan bawahan dan ditentukan oleh bagan organisasi
b. Kelompok Tugas (task group) : Kelompok yang ditetapkan secara organisasional yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas
2. Kelompok informal
- Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi, terdiri dari dua tipe yaitu :
a. Kelompok Kepentingan (interest group) : Kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu sasaran khusus yang menjadi kepedulian bersama.
b. Kelompok Persahabatan (friendship group) : Kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter.

- ALASAN BERKELOMPOK
1. Keamanan
2. Status
3. Harga diri
4. Afiliasi/pertalian
5. Kekuasaan
6. Pencapaian Tujuan

- TAHAP PERKEMBANGAN KELOMPOK
1. Model 5 Tahap
a. Pembentukan/forming
b. Keributan/storming
c. Penormaan/norming
d. Pelaksanaan/performing
e. Penundaan/adjourning

- KESUKSESAN KELOMPOK
1. Kondisi Internal
a. Kemampuan anggotanya
b. Ukuran kelompok
c. Tingkat konflik
d. Tekanan informal pada anggota kelompok
2. Kondisi Eksternal

- KONDISI EKSTERNAL KELOMPOK
1. Strategi organisasi
2. Struktur wewenang/otoritas
3. Aturan formal
4. Sumber daya organisasi
5. Proses seleksi
6. Penilaian prestasi dan sistem imbalan
7. Budaya organisasi
8. Kondisi Kerja

- STRUKTUR KELOMPOK
1. Kepemimpinan formal
2. Peran : seperangkat pola perilaku yg diharapkan dr seseorang yg menduduki posisi tertentu dalam unit sosial tertentu
a. Identitas peran: sikap & perilaku yg konsisten dengan perannya dalam kelompok
b. Persepsi peran: cara pandang ttg perilaku yg diharapkan dilakukan pada situasi tertentu
c. Pengharapan peran: perilaku yg diharapkan oleh orang lain agar seseorang melakukannya dlm situasi tertentu
d. Konflik peran: situasi dimana individu dihadapkan pd pengharapan peran yg bertentangan

- PROSES KELOMPOK :
1. Sinergi
2. Efek fasilitas sosial

- TUGAS KELOMPOK
1. Kompleks : membutuhkan informasi yg lengkap, tidak bersifat rutin
2. Sederhana : rutin, memiliki kejelasan prosedur
- PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK

Keuntungan Kerugian
Informasi lebih lengkap Menghabiskan waktu
Sudut pandang masalah lebih Didominasi oleh beberapa orang
beragam
Penerimaan yang lebih baik thd Tanggung jawab tidak jelas
keputusan

- COMMUNICATION
1. Process of transmitting meaningful symbols between individual < William Albig >
2. Process of passing information and understanding from one person to another < Keith Davis >
3. Adalah proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya ( C.A.Brown)

- KOMUNIKASI SULIT ??
HETEROGEN PEOPLE
1. BEDA LATAR BELAKANG
2. BEDA TINGKAT PENDIDIKAN
3. BEDA PENGALAMAN / PARADIGMA
4. BEDA PEKERJAAN, KEBUTUHAN
5. BEDA KEDUDUKAN
6. BEDA GAYA ... dsb.

- FUNGSI KOMUNIKASI
1. fungsi kontrol : pengendali perilaku
2. fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
3. fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
4. fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan

- ARAH KOMUNIKASI
1. Komunikasi vertikal
a. Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan, informasi, instruksi, dll)
b. Komunikasi keatas (suplai informasi yang terjadi di tk.bawah: laporan periodik, penjelasan, gagasan, dll)
2. Komunikasi Lateral/Horizontal
a. Komunikasi antara anggota dlm kel. yg sama
b. Komunikasi antara departemen pd tingkatan organisasi yg sama
c. Bersifat koordinatif
3. Komunikasi Diagonal

- KOMUNIKASI FORMAL & INFORMAL
1. Formal
a. Dikendalikan oleh manajemen
b. Kadang-kadang menghambat proses komunikasi
c. Sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas
2. Informal
a. Tidak dikendalikan oleh manajemen
b. Mudah diterima
c. Digunakan untuk menjalin hubungan lebih erat

- HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF
1. Hambatan-hambatan organisasional
a. Tingkatan hierarki
b. Wewenang manajerial
c. Spesialisasi

2. Hambatan-hambatan antar pribadi
a. Persepsi selektif
b. Status/kedudukan komunikator
c. Keadaan membela diri
d. Pendengaran lemah
e. Ketidaktepatan penggunaan bahasa

- PENINGKATAN EFEKTIVITAS
1. Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif
2. Penggunaan Umpan - Balik
3. Menjadi Komunikator yg lebih efektif

1 komentar: